PINDAH BLOG

KUNJUNGI CAHAYAONLINE.BLOGSPOT.COM

21 Februari 2009

Jangan takut untuk mengatakan "ya" untuk maju



Sering di antara kita merasa tidak percaya diri atau bahkan takut untuk memulai sesuatu apalagi hal yang baru, padahal itu adalah langkah awal untuk maju. Akibat nya kita sering tidak maksimal dalam mengaktualisasikan diri. Seharus nya kita berani mengatakan “Ya” untuk maju.
Tentu ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memotivasi diri. Kita bisa memulainya dari hal yang paling sederhana seperti dibawah ini

1. Jangan menolak jika ada tawaran baru kepada kita

Mungkin kita takut menerima hal baru yang sedang di tawarkan kepada kita, karena kita belum pernah memulai ataupun mencobanya. Kita bisa melihat dan mencontoh aktor dan aktris yang selalu berani berganti peran. Langkah jitu ini bisa melatih diri kita untuk beradaptasi dan menghilangkan ketakutan terhadap hal-hal baru karena dengannya kita akan memperoleh banyak pengalaman dan wawasan . Tentu saja ,semakin banyak pengalaman semakin banyak pula kita dapat mengambil pelajaran dan hikmah nya. Ingat! Ilmu dan pengalaman merupakan hal yang sangat bernilai . Untuk itu mari katakan “Ya” untuk mencoba hal baru. Jika tidak, kita akan kehilangan kesempatan yang berharga dan bahkan kita telah menghalangi diri kita untuk melangkah maju.

2. Jangan menutup diri dan menganggap katakan “ya” adalah ekstrim.

Aneh, menakutkan, bahkan ekstrim sering kita dengar dari orang-orang yang malu dan menutup diri untuk berubah. Mengapa ? karena mereka takut untuk mencoba hal baru. Jika kita mengatakan “Ya” dan tindakan positif, maka “Ya” itu adalah energi ya besar yang akan merubah hidup kita. Jika kita tidak mau menerima hal yang baru itu, kita akan kehilangan kesempatan dan bahkan menyesal karena kesempatan yang sama tidak akan datang dua kali. Seperti pengalaman saya ketika bekerja di Perusahaan yang pertama dulu. Saya di tawarkan untuk mengikuti Job Training, saya menolak dan menyarankan untuk meberikan kesempatan tersebut kepada teman yang lain karena saya menganggap hal ini sangat sedikit hubungannya dengan tanggungg jawab saya. Namun selang berapa waktu ternyata bos tetap memberikan tanggung jawab baru kepada saya yang berhubungan dengan pelatihan yang ditawarkan tersebut Apa hendak dikata penyesalan selalu datang terlambat. Jadikanlah pengalaman buruk sebagai guru yang terbaik.

3. Setelah mengatakan “Ya” kita harus berlaku seperti orang lain

Kita harus berani, kita harus percaya diri. Ketika kita takut melakukan sesuatu yang baru,
rubah mindset kita tuk menganggap kita sebagai orang lain yang berani dan kuat. Hal ini bisa menumbuhkan kebiasaan yang lebih berani lagi. Lagi, dan lagi, Kita akan meningkatkan kebiasaan kita dari yang tidak pernah menjadi pernah, dari pernah menjadi sering, dan dari sering menjadi biasa, bahkan kalau bisa menjadi luar biasa. Setiap kali kita memaksa diri kita untuk melakukan sesuatu, tekankan ke dalam diri kita untuk mengatakan, “Saya bisa melakukannya”.

4. Buat hal-hal baru setiap minggu

Untuk membuat hal besar kita tidak perlu harus memulai dari hal yang besar , tapi mulailah dari hal yang kecil karena setiap hal yang besar pasti berawal dari yang kecil. Mari kita flashback ke masa pendidikan kita dahulu . Dari taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA, Universitas, dan akhirnya sekarang banyak diantara kita yang sudah menjadi orang sukses setelah melalui masa pendidikan dari tingkat terendah hingga ke perguruan tinggi. ”Sedikit-demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit ”, begitu kata pepatah. Dengan mulai melakukan hal hal baru, maka kita bisa menambah skill dan keahlian yang baru di setiap minggu.

5. Positifkan pola pikir kita

Tanpa kita sadari, sering sekali rasa takut lebih dulu mengahampiri dari hal sebenarnya yang belum tentu terjadi. Bahkan terkadang kita larut dalam pikiran-pikiran negatif . Berfikirlah postitif sehingga fikiran negatif tersebut akan menjauhi kita. Tanyakan pada diri kita , mengapa kita harus takut untuk memulai dan menerima hal baru ? Bukankah Allah S.W.T telah menciptakan manusia dengan segala kelebihannya? Lenyapkan segala fikiran yang menghambat kita maju. Ketika kita di tantang melakukan sesuatu, jangan katakan ”Tidak: tapi berpikirlah sejenak. Apakah kita takut pada hal kecil seperti ini ?
jawab “Ya” untuk sebuah perubahan kehidupan ke depan. 


6. Yakin kegagalan dan kesalahan bukan akhir dari segala nya

Yakinkan diri bahwa kesalahan dan kegagalan yang telah terjadi adalah cambuk agar kita lebih giat dan langkah awal untuk maju. 




2 komentar:

  1. Anonim1:29 PM

    Satu hal lagi. Ingat saja bahwa kesempatan tidak akan datang 2 kali.

    Reff artikel : http://ariefmaulana.com/2009/01/kesempatan-tidak-datang-dua-kali

    salam sukses

    BalasHapus
  2. Betul Mas. Pergunakan kesempatan mu sebelum datang waktu sibuk mu.

    BalasHapus

Ya